Fakta UNIK dan Mengharukan Tentang Perawat Yang WAJIB Anda Ketahui

Halo sahabat memori, loh kok memori? hehee
Iya memori adalah nama sebutan sayang yang penulis berikan buat sahabat pengunjung blog memopedia.id ini. 
kenapa memori sih ya? 
emm, mungkin akan penulis jelaskan pada postingan selanjutnya dan pastinya secara detail dan menarik dong.

Nah langsung aja yuk ke inti dari postingan kali ini,
Tahukah anda jika berbicara tentang fakta tentang dunia kerja perawat dari sudut pandang “Pengamat” terlepas saya sebagai seorang perawat juga tentunya. Tentu pengamat itu yang mengamati ya, bukan menjalani sebagai profesinya. Setiap hari tentunya kalian melihat pekerjaaan ini adalah pekerjaan yang aneh, bukankah begitu? Tentu tidak untuk mendeskreditkan profesi yang sangat mulia ini, namun terlihat disekeliling anda profesi perawat itu memiliki kebiasaan dan kenyataan yang setiap hari terus dilakukan. Terlepas dari benar atau kekeliruan yang kita kerjakan tinggal kalian sendiri yang merasakan pahit manis getir kehidupan sebagai seorang perawat.

Jika kita urutkan fakta pekerjaan seorang perawat yang masih dirasakan selalu dilakukan setiap hari yang telah mengakar dan mendarah daging diturukan setiap generasi ke generasi dan akibat dari kekeliruan sistem tersebut lah yang senantiasa kuat mencengkram profesi keperawatan, dan bisa saja anda tertawa tergelitik, meng-iya-kan, mengerutkan dahi, mengkritisi tulisan saya atau sampai jungkir balik pun terserah, karena faktanya:
  1. Setiap hari tugasnya mengurusi kebutuhan dasar pasien khususnya seperti (BAK, BAB) bahkan kadang banyak yan bilang kok mau sih ngurusin kerjaan kayak gituan, itukan bau, ih kotor, jijik banget sih, kok mau sih?
  2. Setiap hari menunggu dokter visite, lalu menyiapkan dokumen status pasiennya dengan detail sampai status pasiennya kita buka satu-persatu dan dijajarkan rapi baris-berbaris daitas meja supaya tidak kena ocehan sang dokter, bahkan sampai bukti jasa visite dokternya pun disiapkan, dan lagi-lagi banyak yang bilang kok mau ya ngurusin kerjaan kayak gitu, bukannya perawat itu “Mitra dokter” ya? 
  3. Setiap hari memberikan obat-obatan medis kepada pasien sesuai dengan instruksi dari dokternya, dan ini pun ada yang bilang kerjaan perawat cuman beri obat-obatan instruksi dokter saja, tugas mandiri perawat apa ya?
  4. Setiap hari siap siaga 24 jam mendampingi pasien, dan seringkali pasin menanyakan kenapa dokternya belum datang ya, kapan datangnya?. kadang kala orang bilang kok mau sih gak dikangenin pasiennya yang selalu dijaga 24 jam non stop, belum pernah denger loh saya ada pasien yang bilang, “dok, susternya mana ya, kok belum datang sih?”. Nah bingung kan ya tuh dokter.
  5. Setiap hari melakukan tindakan dan melakukan pemasangan alat-alat invasive / kadang orang bilang, kok ada ya pekerjaan yang beresiko tapi reward dan royaltynya gak jelas gitu, apalagi perlindungan hukumnya gak jelas banget, ih kan aneh ya?
  6. Setiap hari jika ada dokter pasti selalu bilang “Dok”, belum pernah bahkan tidak pernah sama sekali bilang bapak atau ibu. Ada aja kok yang bilang kok profesi lain selain perawat boleh ya bilang bapak atau ibu, nah tetapi kenapa lagi nih kalau kesesama profesi perawat manggilnya jarang tuh terdengar nama Zuster, Bruder, atau Ners. Kenapa lagi sih ini?
  7. Setiap hari ada aja kerjaan melipat kassa steril, membuat deeper dan lain sebagainya, Pasti orang bilang multitalent ya perawat, kenapa gak diurus sama orang lain aja ya?
  8. Setiap hari inventaris stok obat-obatan, cek alat kesehatan, cek linen masih atau tidak, input data kekomputer, input jasa dokter. dan lagi ada aja orang yang mengatakan benar-benar multitalent kerja perawat, double job ya, apa kerja sampingan? pasti gajinya double juga kan?.Nah loh mau jawab apa, bertolak belakang kan dengan faktanya?.
  9. Setiap kali ada pasien dalam keadaan gawat, perawat lagi dan lagi meluncur ketempat kejadian. Wlaupun dijalan kebut-kebutan, berjibaku dengan macetnya jalanan oleh kendaraan yang tidak mau mengalah semua,  dan pada akhirnya  sudah tau kalau bayarannya tidak sebanding dengan pengorbanannya yang dilakukan. Orang pasti bilangnya, “Tuh kan, kok masih mau aja jadi perawat?”.
Pada titik akhirannya, anda semua rekan-rekan sejawat yang merasakan apa yang sebetulnya dalam fenomena fakta diatas, bisa menjadikan pekerjaan sehari-hari yang kita lakukan akan dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh tanpa memandang dari beberapa poin yang penulis jabarkan diatas, karena memang pada hakekatnya semua itu bisa jadi karena kesalahan ataupun kekeliruan sistem kebiasaan yang tidak terorganisir dengan baik.

Disini penulis sekali lagi menegaskan bahwasanya anda boleh tertawa tergelitik, meng-iya-kan, mengerutkan dahi, mengkritisi tulisan saya atau sampai jungkir balik pun terserah anda, itu hak anda bukan? disini penulis dengan kebanggaan hati, dan kebanggaan diri menyatakan benar-benar mencintai profesi dan pekerjaan sebagai seorangan perawat dengan miliyaran kebaikan, dan sekelumit keanehan dan kejanggalannya.

(BCP)


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Fakta UNIK dan Mengharukan Tentang Perawat Yang WAJIB Anda Ketahui"

  1. this is my blog http://rabidscom.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. Yes, thankyou mr. Rabids for coming ini my blog.

    BalasHapus